Ritual Malam Tahun Baru

by - Juli 12, 2013


Hi! Aku mau ngeposting cerita tentang keseharian aku dan teman-teman satu komplek ku. Jadi, kita tinggal disebuah komplek gitu dan kita satu gang, makanya kita juga udah deket dan temenan dari kecil tuh pas jaman-jaman SD gitu ya, asik banget. Awalnya, yang udah lebih dulu tinggal dikomplek itu anak-anaknya cuma aku sama mbak Uri doang sebenernya ada anak-anak cewek lain juga yang jadi temen kita waktu itu (udah lupa sih siapa namanya) cuma orangnya udah pindah terus muncul tetangga baru disebelah rumah mbak uri, namanya Nirmala. Awalnya sih kita ajakkin kenalan terus jadi sering main bareng gitu, terus muncul lagi tetangga baru mbak erin, ada juga temen lama kita mbak nisa cuma dia udah pindah sekarang, dan sekarang ada lagi namanya marhama sih yang jadi temen kita juga. Ya begitulah alurnya, seiring berjalannya waktu selalu berganti-ganti orangnya tapi yang masih tetap sih cuma aku, mala, sama mbak ur doang, kita temenan lama banget itu ya. Dulu sih waktu masih kecil sering banget main bareng, cuma karna berhubung kita semua sekarang udah pada gede dan sibuk sama urusan masing-masing mah gak main begituan lagi, dulu mah sering main masak-masakan lah, main salon-salonan lah, gitu-gitu deh permainan cewek tuh-_-

Nah, sekarang aku mau cerita tentang kegiatan kita tiap malam tahun baru di komplek. Jadi, kita itu gak pernah sekalipun ngerayain malam tahun baru dijalanan gitu, nyalain mercon, macet-macetan dijalan, duh gak banget buat kita. Biasanya sih tiap malam tahun baru itu kita suka ngadain acara bakar-bakaran (bukan bakar sampah ye) kita biasanya bakar ikan, bakar jagung, yang kita masak sendiri diwilayah gang kita itu, mulai dari bikin api sendiri dari arang sampe ngipasin tuh biar jadi api, sumpah seru banget. Biasanya kita iuran sih buat beli bahan-bahannya sampe peralatan dapur kita bawa deh kesitu buat bakar-bakar. Nah, biasanya kalo semua makanannya udah jadi tuh kita makan bareng diteras rumah mala, biasanya sih kita makannya nunggu tahun depan haha alias pas pergantian tahun itu kan seru gitu kita makannya tahun depan haha. Dan aku juga masih gak ngerti sih, kenapa tiap malam tahun baru kita selalu ngelakuin itu, udah ritualnya adat gang komplek kami ya, tapi seru banget sumpah. Tapi gak semuanya sih ikutan bakar-bakar, paling cuma aku, mala sama mbak uri yang sering, kadang juga ada marhama sih.
Oh iya, ada kejadian juga pas malam tahun baru 2011 apa kapan itu yak lupa, pas selesai bakar-bakar itu ada segerombolan anak cowok dari gang sebelah mereka naik motor gitu habis jalan-jalan kali (gatau juga),
lah kita itu lagi nongkrong diteras rumah mbak ur, biasalah ngobrol-ngobrol gitu loh. Terus ada salah satu tetanggaku juga yang dari gang sebelah itu (gausah disebut namanya) minta nomor hp aku gitu kan tapi akunya gak mau, terus datanglah seorang cewek yang nyamperin aku sambil nanya, 'mana yang namanya nindy?' mereka nunjuk ke aku semua, 'aku. kenapa?' gitu kataku. Dia malah ngebantuin cowok itu buat ngedapetin nomor aku tapi akunya tetep gak mau ngasih. Gilak aja tu cewek, orang gak kenal main nyamber aja cobak. Mungkin dia suka sama cowok tadi tapi sok rela ngebantuin cowok itu buat minta nomorku (mungkin aja yah). Ya udah karna aku juga gak mau, mereka pun pergi hush hush. Tapi entah kenapa, sekarang aku malah nyesel karna gak ngasih nomorku ke orang itu, padahal dia kan minta nomorku cuma buat temen smsan doang katanya sih. Yaudahlah ya gak usah dibahas lagi -_-

Sekian. Wasalam!

You May Also Like

0 komentar