Song Review : Virgoun - Surat Cinta Untuk Starla

by - Maret 03, 2017

Ditengah kesibukan sekolah saya akhir-akhir ini, saya berusaha menyempatkan untuk menulis sesuatu untuk blog saya yang sepi ini. Sebetulnya hal yang ingin saya bahas kali ini adalah beberapa minggu lalu saya melihat salah satu situs web video paling popular pada masa ini, biasa kita sebut sebagai youtube. Saat itu saya melihat trending youtube ada sebuah gambar yang menarik perhatian saya untuk melihat isi video itu, jadi seperti ini tampilannya..


Ya, ini adalah sebuah lagu berjudul “Surat Cinta Untuk Starla” dari seorang musisi Indonesia bernama Virgoun ‘sang vokalis band Last Child’ yang rilis pada tahun 2016. Lagu ini bisa dibilang gambaran dari cinta sejati yang coba Virgoun sajikan pada penikmat musik Indonesia dengan sisi berbeda, ya, kali ini ia mencoba berjalan sendiri dengan membuat proyek solo, tapi meskipun begitu ia tetap menjadi bagian dari bandnya, Last Child.

Lagu ini bercerita mengenai perasaan cinta paling sejati yang murni dan tulus dari seseorang yang sebelumnya hanya mencurahkan rasa cintanya untuk dunia, kemudian mencoba mengungkapkan rasa cintanya pada seseorang yang berhasil merenggut cintanya pada dunia beralih pada seorang manusia.

Uniknya, judul lagu ini sama sekali tidak digunakan atau tercantum dalam liriknya seperti lagu-lagu lain yang kebanyakan menjadikan judul lagu itu sebagai kalimat yang terus-terus diulang pada bagian lirik lagunya. Jadi, nama ‘Starla’ yang digunakan pada lagu ini sebenarnya adalah nama dari anak Virgoun sebagai ungkapan rasa sayang ayah pada putrinya.

Yang menarik lagi, kalau kalian perhatikan lirik lagu ini, liriknya sangat bermakna dan menyentuh sekali. Kalian bisa scroll down untuk mengetahui lirik lagunya, karena saya akan mencantumkan dibagian akhir artikel ini.

Berikutnya yang paling saya sukai dari lagu ini adalah video klip dari lagu ini, seperti yang saya katakan diawal bahwa pertama kali saya mengetahui lagu ini karena saya melihatnya dari youtube, kemudian saya suka dan saya dengarkan terus lagu itu berkali-kali. Dan kalau kalian lihat juga pada halaman di youtube itu, ternyata adegan-adegan dari video klip lagu ‘Surat Cinta Untuk Starla’ ini adalah bagian dari adegan di film pendek yang berjudul sama. Virgoun sengaja membuatnya menjadi sebuah bentuk karya lain berupa film pendek yang dibagi menjadi 7 part untuk menjelaskan lebih dalam mengenai maksud dari lagu berjudul ‘Surat Cinta Untuk Starla’ ini. Ia juga mengatakan pada ‘Behind The Scene: Surat Cinta Untuk Starla’ kalau film pendek ini dibuat sebagai bentuk apresiasi atas antusias penikmat musik yang telah menonton lirik video yang ia unggah secara sederhana diakun youtube-nya hingga mencapai 47 juta kali ditonton.

Film pendek ‘Surat Cinta Untuk Starla’ bercerita mengenai detail dari lirik lagunya. Tentang seorang lelaki yang memiliki obsesi dengan mesin tik—selalu membawa mesin tik kemanapun ia pergi—ia bernama Hema Chandra yang berarti bulan berwarna emas (diperankan oleh Jefri Nichol). Lelaki ini senang membuat surat cinta yang ia tujukan untuk dunia dengan berprofesi sebagai pembuat streetart liar—bisa dibilang begitu. Karena, ia sudah berkali-kali dikejar oleh polisi karena telah membuat mural pada dinding di jalan-jalan. Sampai, ia bertemu dengan seorang perempuan bernama Starla (diperankan oleh Caitlin Halderman) di coffee shop-nya dan mereka menghabiskan waktu bersama dengan saling mengenal hanya dalam satu malam, sampai akhirnya mereka harus berpisah. Kemudian, setelah perpisahan itu Hema merasa ada sesuatu yang berbeda setelah ia bertemu dengan Starla, dan ketika ia memandangi mural pertamanya yang mengubah hidupnya yang tertulis seperti berikut


"A MOON CANNOT SHINE WITHOUT A STAR" - Hema Chandra

Ketika itu, Hema baru menyadari bahwa perasaannya itu adalah rasa cinta pada seseorang, rasa cinta yang berbeda ketika ia mencintai dunianya. Lalu, Hema memutuskan untuk membuat surat cintanya yang pertama kali untuk seseorang yaitu Starla, sang bintang-nya.

Tepat sekali pada lirik lagu bagian Telah habis sudah cinta ini. Tak lagi tersisa untuk dunia. Karena tlah kuhabiskan. Sisa cintaku hanya untukmu,” menceritakan bagaimana Hema benar-benar mencurahkan rasa cintanya yang dahulu hanya untuk dunia, kini cintanya tak lagi tersisa untuk dunia melainkan hanya untuk Starla. Waw! Hal ini seakan benar-benar tersampaikan lewat lagu ‘Surat Cinta Untuk Starla’ bahwa cinta memang berkuasa diatas segalanya, begitulah cinta dapat membutakan mata, hati, bahkan batin seseorang.

Dibawah ini saya akan memberikan link untuk melihat video klip dan film pendek dari 'Surat Cinta Untuk Starla' yang siapa tau kalian juga akan jatuh hati pada lagu ini

Just click!



Lirik lagu Virgoun - Surat Cinta Untuk Starla

Teruntuk kamu hidup dan matiku
Aku tak tahu lagi harus dengan kata apa aku menuliskannya
Atau dengan kalimat apa aku mengungkapkannya
Karna untuk kepergian kalinya
Kau buat aku kembali percaya akan kata cinta
Dan benar bahwa cinta masih berkuasa diatas segalanya
Ketika hati yang mudah rapuh ini
Diuji oleh duniawi diuji oleh materi
Untuk kesekian kali lagi lagi dan lagi

Kutuliskan kenangan tentang
Caraku menemukan dirimu
Tentang apa yang membuatku mudah
Berikan hatiku padamu

Takkan habis sejuta lagu
Untuk menceritakan cantikmu
Kan teramat panjang puisi
Tuk menyuratkan cinta ini

Telah habis sudah cinta ini
Tak lagi tersisa untuk dunia
Karena tlah kuhabiskan
Sisa cintaku hanya untukmu

Aku pernah berpikir tentang
Hidupku tanpa ada dirimu
Dapatkah lebih indah dari
Yang kujalani sampai kini

Aku slalu bermimpi tentang
Indah hari tua bersamamu
Tetap cantik rambut panjangmu
Meskipun nanti tak hitam lagi

Bila habis sudah waktu ini
Tak lagi berpijak pada dunia
Telah aku habiskan
Sisa hidupku hanya untukmu

Dan tlah habis sudah cinta ini
Tak lagi tersisa untuk dunia
Karena tlah kuhabiskan
Sisa cintaku hanya untukmu

Untukmu
Hidup dan matiku

Bila musim berganti
Sampai waktu terhenti
Walau dunia membenci
Ku kan tetap disini

Bila habis sudah waktu ini
Tak lagi berpijak pada dunia
Telah aku habiskan
Sisa hidupku hanya untukmu

Tlah habis sudah cinta ini
Tak lagi tersisa untuk dunia
Karena tlah kuhabiskan
Sisa cintaku hanya untukmu

Karena tlah kuhabiskan
Sisa cintaku hanya untukmu

You May Also Like

0 komentar